PENGESAHAN LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
NAMA : AHMAD FAUZI ICHSAN
NIM : 2015511024
JURUSAN : D-1 AKOMODASI PERHOTELAN
Disahkan Oleh :
Jakarta14 Februari 2015
Kajur Perhotelan
Baskoro Hariwindito, S.ST.Par, MM
NIK.
KATA PENGANTAR
Puji serta syukur saya panjatkan atas kehadiran Tuhan yang maha esa karena berkat nikmat dan Rahmatnyalah penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Praktek kerja Industri selama 6 bulan di Malaysia yaitu di Hotel The Datai Langkawi.
Telah menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa untuk membuat laporan kegiatan On The Job Training. Laporan ini penulis susun berdasarkan data yang diperoleh selama mengikuti kegiatan On The Job Training di Hotel The Datai Langkawi selama 6 bulan mulai tanggal 09 November 2015 sampai dengan 30 April 2016 di bagian Food and Beverage Service.
Laporan Hasil Praktek kerja industri ini tidak mungkin terwujud tanpa adanya bantuan dari pihak lain yang baik secara langsung ataupun tidak langsung, oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak yang telah membantu sehingga terselesaikannya laporan ini , Terutama kepada yang terhormat :
- Ibu Shilmawati,SE, MM,, Selaku koordinator Program Beasiswa Diploma 1 Sub kampus SMKN 57 Jakarta
- Bapak Ir.Kusmayadi, MM., Selaku Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid
- Bapak Baskoro Hariwindito,ST.Par,MM., Selaku Kepala Jurusan Bidang Perhotelan
- Ibu Ramon Kurdawati S.Tp, MM Selaku Dosen Pembimbing Kelas PVB 2015
- Mr Johan, selaku Director of Human Resources The Datai Langkawi, Malaysia
- Mazlan Bidin Selaku Manager Outlet Makan2 Coffee House Hotel Royal Kuala Lumpur
- Ibu Nor Liza, selaku Learning and Development of The Datai Langkawi, Malaysia
- Bapak Indra Mohan, selaku Director of F&B The Datai Langkawi, Malaysia
- Terima kasih untuk seluruh teman-teman, sahabat, dan kakak-kakak di Food and Beverage Department yang telah banyak membantu saya.
- Manajemen, staff dan karyawan The Datai Langakwi, Malaysia
- Keluarga tercinta, bapak, ibu, dan saudara-saudara semuanya
Akhirnya akan menjadi suatu kegembiraan bagi penulis apabila laporan ini dapat berguna serta bermanfaat bagi para pembaca yang berkecimpung di industri pariwisata dan juga sumber inspirasi bagi yang membutuhkan.
Jakarta, 4 juni 2016
Ahmad fauzi Ichsan
NIM 2015511024
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pariwisata adalah suatu kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan masyarakat, sehingga membawa berbagai manfaat terhadap masyarakat setempat dan sekitarnya. Bahkan pariwisata dikatakan mempunyai energi dobrak yang luar biasa, yang mampu membuat masyarakat setempat mengalami metamorphose dalam berbagai aspeknya. Pariwisata mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat bahkan bagi Negara sekalipun, manfaat pariwisata dapat dilihat dari berbagai aspek atau segi yaitu manfaat pariwisata dari segi ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, nilai pergaulan dan ilmu pengetahuan, serta peluang dan kesempatan kerja.
Telah kita ketahui bersama bahwa di Negara kita Negara Indonesia memiliki beraneka ragam wisata dan budaya yang terbentang dari sabang sampai marauke, mulia dari tempat wisata dan objek wisata yang kaya akan keindahan wisata alam, taman wisata, taman budaya,dan wisata kulinernya banyak orang menyebutkan indonesia adalah surga dunia yang memiliki banyak keanekaragaman wisata yang begitu indah dan memiliki khas di mana tiap daerahnya memiliki kebudayaan yang berbeda beda yang melambangkan cirikas dari daerah tersebut dan banyak turis baik turis domestic maupun macanegara yang mengagumi keanekaragaman wisata dan budaya bangsa indonesia
Sektor pariwisata sebagai kegiatan perekonomian telah menjadi andalan potensial dan prioritas pengembangan bagi sejumlah negara, terlebih bagi negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki potensi wilayah yang luas dengan daya tarik wisata yang cukup besar, banyaknya keindahan alam, aneka warisan sejarah budaya, dan kehidupan masyarakat (etnik). Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu penunjang perekonomian yang memilki prospek yang cerah, tetapi hingga dewasa ini belum memperlihatkan peranan yang sesuai dengan harapan dalam proses pembangunan di Indonesia.
Hotel merupakan suatu akomodasi berupa penginapan yang disediakan untuk para wisatawan untuk dapat menginap. Selain untuk menginap hotel juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang lain yang dapat digunakan untuk para tamu. Makan dan minum adalah kegiatan yang tidak ada henti-hentinya, manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya demi kelangsungan hidupnya. Pada masa sekarang sangat mudah sekali untuk memperoleh makanan dan minuman itu karena, banyak jasa boga menyediakan berbagai macam makanan dan minuman termasuk diantaranya hotel. Food and beverage adalah bagian yang sangat penting terutama di dalam hotel, dimana selain tamu menginap, tamu juga memerlukan makanan dan minuman. Selain itu Food and Beverage juga dapat meningkatkan pendapatan hotel, dimana Food and Beverage juga merupakan sarana yang mutlak harus disediakan hotel untuk dapat dikategorikan ke dalam hotel berbintang. Bagian tata hidangan makanan dan minuman mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sebuah hotel.
1.2 PERMASALAHAN
- Bagaimana Cara Melayani Tamu dari Datang hingga Selesai?
- Bagaimana cara menangani tamu komplain di restaurant
1.3 TUJUAN PENULISAN LAPORAN
1.2.1 Tujuan Untuk Mahasiswa
1). Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh sebutan Professional Ahli Pratama (AP.Par).
2). Untuk mengetahui perbandingan antara praktek kerja di lapangan dengan teori yang didapat di bangku kuliah
3). Untuk mengembangkan dan memperluas wawasan tentang kepariwisataan
4). Untuk menerapkan ilmu pengetahuan (teori) yang diperoleh di bangku kuliah di lapangan.
5). Untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sebagai bekal untuk masa depan
1.2.2 Tujuan Untuk Perusahaan
1). Mendapatkan saran dan masukan sehingga dapat menambah kinerja pelayanan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi
2). Dapat membawa nama baik perusahaan yang bersangkutan saat seorang mahasiswa melakukan kerja lapangan di perusahaan tersebut.
3). Meninjau Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai dasar dalam perekrutan pegawai setiap mahasiswa yang melaksanakan praktek kerja lapangan tersebut.
4). Hotel bisa mendapatkan tambahan tenaga operasional sehingga semua pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan
1.2.3 Untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan
- Mengaplikasikan langsung teori yang sudah didapat dalam industri kerja yang sebenarnya.
- Dapat menjadi tinjauan dan dikaji khususnya dalam bidang pariwisata.
- Dapat menjadi referensi bagi mahasiswa lain yang berkecimpung dalam bidang yang sama.
1.4 Waktu pelaksanaan prakerin
Pelaksanaan prakerin dilakukan selama 6 bulan terhitung mulai tanggal 09 November 2015 sampai dengan tanggal 30 April 2016 pelaksanaannya sendiri bertempat di The Datai Hotel Langkawi Malaysia .
BAB 2
TINJAUAN UMUM
2.1 SEJARAH SINGKAT THE DATAI HOTEL LANGKAWI MALAYSIA
– PROFIL HOTEL
- Sejarah berdirinya THE DATAI HOTEL
The Datai Hotel Langkawi merupakan bangunan yang bergerak di bidang perhotelan, khususnya Resort Hotel. The Datai Hotel Langkawi merupakan member dari Leading Hotels of the World . The Datai Langkawi mulai dibangun pada tahun 1993 .
- Lokasi Hotel
The Datai Hotel Langkawi terletak di dalam lingkungan Resort Hotel, tepatnya di Jalan Teluk Datai , 07000 Langkawi Kedah Darul Aman – Malaysia.
- Pendirian, tanggal peresmian
Pendiri dari The Datai Hotel Langkawi adalah Khazana Group , yang sekaligus sebagai owning Company . The Datai Hotel Langkawi resmi dioperasikan ( Grand Opening ) Pada 13 Agustus 1998 sebagai hotel bintang lima (*****)
- Luas tanah & bangunan
Luas tanah The Datai Hotel Langkawi adalah = 33.868 m2
2.2 DEPARTMENT YANG TERDAPAT DI THE DATAI HOTEL
Secara umum hotel berbintang lima biasanya memiliki 9 Departemen, antara lain sebagai berikut :
- Front Office Department
Front Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu. Departemen ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika tamu hendak check in.
Adapun seksi-seksi di Front Office Departement adalah sebagai berikut :
- Reservation
- Reception
- Telephone Operator
- Front Office Cashier
- Uniform Service/Concierge
- Information section
- Guest Relation Officer
- Food and Beverage Department
Food and Beverage department adalah departemen hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan makanan dan minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat makan di restaurant. Food & Beverage Department dibagi beberapa bagian diantara lain :
- Food & Beverage Production
Food & Beverage Production adalah suatu bagian yang bertugas mengolah bahan makanan menjadi bahan matang untuk disediakan kepada para tamunya.
- Food & Beverage Service
Food & Beverage Service adalah suatu bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu. Food & Beverage Service dibagi menjadi dua bagian yaitu : Food Service, Beverage Service.
- Housekeeping Department
Housekeeping department adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel.
- 4. Accounting departement
Accounting departement adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab atas masalah administrasi hotel baik pengeluaran maupun pendapatan keuangan di hotel.
- Personalia/HRD Department
Personalia Departemen adalah suatu departemen hotel yang bertugas menerima dan menempatkan karyawan/trainee.serta menangani masalah yang dihadapi karyawan.
- Engineering Department
Engineering Department adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab untuk menangani perawatan maupun perbaikan atas semua alat-alat serta mesin yang ada di hotel apabila mengalami kerusakan.
- Marketing department
Marketting departement adalah suatu bagian yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan agar setiap tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel.
- Purchasing department
Purchasing departemen adalah suatu bagian yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembelian pengadaan serta semua kebutuhan hotel.
- Security Department
Security Department adalah suatu bagian yang bertugas menjaga keamanan hotel maupun tamu selama menginap (24 jam) .
2.3 Struktur Organisasi
- FASILITAS YANG TERDAPAT DI THE DATAI HOTEL LANGKAWI
- Hotel information
THE DATAI HOTEL LANGKAWI
GENERAL INFORMATION
ADDRESS
Jalan Teluk Datai, 07000 Langkawi
KEDAH DARUL AMAN
MALAYSIA
Telephone : +60 4 9500 500
Faximile : +60 4 9500 600
reservationsdatailangkawi@dataihotels.com
E-mail : www.thedatai.com
- Hotel Facilities
Lokasi
The Datai Langkawi adalah akomodasi di lokasi yang baik, tepatnya berada di Datai Bay Area. Lokasinya cukup strategis, dan merupakan akomodasi dekat dengan Bandara Bandara Internasional Langkawi, yang hanya berjarak 12,14 km.
Selain letaknya yang strategis, The Datai Langkawi juga merupakan akomodasi dekat Air Terjun Temurun berjarak sekitar 4,32 km dan Pantai Pasir Tengkorak berjarak sekitar 6,2 km..
Tentang The Datai Langkawi
Kualitas pelayanan super, ditambah berbagai fasilitas unggulan akan membuat saat-saat menginap di sini menjadi sebuah pengalaman berkesan yang luar biasa.
Pusat kebugaran menjadi salah satu fasilitas yang wajib Anda coba saat menginap di tempat ini. Manjakan diri Anda dengan menikmati fasilitas spa yang memberikan harga dan kualitas pelayanan terbaik.
Resepsionis siap 24 jam untuk melayani proses check-in, check-out dan kebutuhan Anda yang lain. Jangan ragu untuk menghubungi resepsionis, kami siap melayani Anda. Pengalaman berkesan dan tak terlupakan akan Anda dapatkan selama menginap di The Datai Langkawi.
Luas Total Hotel : 55 hektar
Total Room : rooms
Meeting Room : Ground floor/lobby
Events : Malay kampung house
Golf : The Els club
Fittness & Gym Club : Pool area
The Datai Spa : Rainforest area
The Dining Room : Pool pavilion area
The Thai Pavilion : Pool pavilion area
The Gulai House : Rainforest area
The Beach Club : Beach area
Gift shop : Lobby
Lobby Lounge : Lobby utama
- JENIS KAMAR
- Deluxe
- Premium Rooms
- Corner & End Suite
- The Datai Suite
bedroom
Living Room
Lounge Area
Balcony
- Superior Villas
- Pool Villas
- Pool Suites
- Beach Villas
Room Service 24-Hour
menu khusus layanan kamar menyediakan item yang tersedia untuk pemesanan di setiap saat sepanjang hari
Rainy Shower
shower dengan temperature control untuk air panas dan air dingin untuk mandi lebih santai dan nyaman
Room Cleaning Service
Proses Pembersihan setiap hari oleh petugas housekeeping untuk memastikan Tamu merasa nyaman tinggal di kamar hotel
The Datai Hotel menyediakan fasilitas food and beverage seperti:
- a) Lobby Lounge
Menawarkan panorama menakjubkan di atas kanopi hutan hujan dan hijau Laut Andaman zamrud , Lobby Lounge menyajikan makanan ringan yang lezat di siang hari , sementara menggoda di malam hari dengan live music , makanan kecil gurih , koktail indah dan pilihan cerutu.
Masakan : Cocktails & Canapés
Jam : 09:00-01:00, Suasana : Nyaman, Pengaturan : Indoors dan Outdoor
Dress Code : Resort Kasual
- b) The Dining Room
The Dining Room adalah tuan rumah untuk sarapan prasmanan mewah di pagi hari dengan sparkling wine dan favorit tradisional dan internasional . Selama musim Desember hingga April, mood dan suasana di The Dining Room berubah di malam hari menjadi tempat makan yang baik dengan lampu lilin berkedip-kedip terhadap gelap dan safir kolam biru yang mencerminkan langit berbintang menampilkan menu terinspirasi oleh masakan Asia modern yang berfokus pada 5 unsur rasa .
Masakan : Internasional
Jam : 07:00-11:00 / 7:00-11:00 ( Desember-April )
Suasana : Kasual ( sarapan dan makan siang ) / Fine Dining ( Dinner )
Pengaturan : Indoors dan Outdoor
Dress Code : Resort Kasual ( sarapan dan makan siang ) / Resort Evening ( Dinner )
* Gentlemen diwajibkan untuk mengenakan celana panjang , sepatu tertutup dan kemeja berkerah ( untuk makan malam )
* Tidak ada gym atau pakaian renang ( untuk laki-laki & perempuan )
* Tidak ada tanpa lengan ( untuk laki-laki)
- c) The Thai Pavilion
Meningkat pada panggung tinggi 30 meter , mengambang di kanopi hutan hujan perawan dengan pandangan yang jauh dari Laut Andaman dan pulau-pulau Thailand Tarutao di cakrawala , The Pavilion umpan dengan musik Thai mellow , indah meja-puncak dan lampu berkedip-kedip lilin .
Berulang kali diberikan oleh Malaysia Tatler untuk kelezatan kuliner out-of – ini – dunia , Pavilion ini dikenal untuk masakan Thai yang gourmet . Setiap hidangan siap à la menit dengan yang baru dipanen Thai herbal . Disajikan dalam mangkuk keramik dan di piring panas , masakan adalah pesta untuk mata sebanyak untuk seseorang selera .
Masakan : Thai
Jam : 18:30-11:00
Suasana : Relaxed
Pengaturan : Open air
Dress Code : Resort Kasual
* Persyaratan minimum untuk pria yang selutut baju celana pendek , polo atau t – shirt
* Tidak ada gym atau pakaian renang ( untuk laki-laki & perempuan )
* Tidak ada tanpa lengan ( untuk laki-laki)
- d) The Gulai House
Terletak di jantung hutan hujan datai berusia 10-juta tahun, The Gulai House mempesona dengan suasana pedesaan dari rumah Melayu kampung tradisional dan simfoni pernah hadir dari satwa liar. Restoran yang luas dibagi menjadi beberapa bagian, menyediakan ruang makan terbuka, terpencil dan ceruk terlindungi oleh tirai lapang organza dengan Melayu meja-meja rendah tradisional dan kursi bantal di atas tikar pandan tenunan tangan.
Merayakan kebiasaan adat, anggun staf menunggu mengenakan kostum Melayu akan menyambut Anda dengan ritual mencuci tangan tradisional sebelum melayani hidangan Melayu otentik dan masakan India menggoda disajikan di daun pisang dan di mangkuk keramik tradisional kerajinan tangan.
Masakan: Authentic Melayu dengan sentuhan rasa India
Jam: 18:30-11:00
Suasana: Adat
Pengaturan: Open air
Dress Code: Resort Kasual
* Persyaratan minimum untuk pria yang selutut baju celana pendek, polo atau t-shirt
* Tidak ada gym atau pakaian renang (untuk laki-laki & perempuan)
* Tidak ada tanpa lengan (untuk laki-laki)
- e) The Beach Club
Memikat dengan pemandangan Laut Andaman dan suara menenangkan ombak memecah terhadap pantai , The Beach Club menggoda siang hari dengan makanan ringan dan wood fired oven pizza . Sebuah koktail menggoda pada jam matahari terbenam dengan langit terbentuk seperti emas , oranye dan warna merah adalah awal yang sempurna untuk makan malam prasmanan bertema atau à la carte Mediterania dan masakan internasional .
Masakan : Internasional
Jam : 11:00-11:00
Suasana : Relaxed
Pengaturan : Open air , di samping pantai
Dress Code : Kasual
- f) The Beach Club Bar
Bar bertempat tidak jauh dari pantai dan kolam renang ini banyak tamu yang menikmati waktu di pagi hari sampai sore hari dengan cocktail untuk melihat pemandangan pantai yang terlihat sangat indah dan jelas ,serta tamu dapat menikmati Lunch di dekat area bar yang luas . Dibuka mulai pukul 11.00 a.m sampai dengan pukul 23.00 p.m.
- g) Room Service
Personalized room service tersedia dalam waktu 24 jam, setiap hari.
- h) Meeting Room
Ruang rapat yang didekorasi menarik serta fasilitas yang lengkap dan modern, yang mempunyai kapasitas mulai dari 20 sampai 60 orang. Ruang raoat terletak dilobby utama, tempat ini berfungsi untuk pertemuan besar antara klien bisnis, conferences
Fasilitas Pelayanan
Selain itu The Dati Hotel Langkawi Malaysia dilengkapi dengan jasa pelayanan seperti :
- Concierge
- Fittness & Gym club
- Gift shop
- Swimming pool
- House clinic
- The Datai spa
- Golf
- Nature excursions
- Naga pelangi cruise
- Laundry
- Meeting room
- Events wedding & Private celebrations
BAB 3
DESKRIPSI TENTANG FOOD AND BEVERAGE
3.1 PENGERTIAN FOOD AND BEVERAGE
Menurut Soekresno dan Pendit (1998:4) menyebutkan bahwa food and beverage department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta professional.
Food and beverage department merupakan departemen yang sangat mutlak diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman dalam menjalankan tugasnya food and beverage department terbagi menjadi dua
bagian yang saling bergantung satu sama lain dan harus saling bekerjasama.
2 (dua) bagian tersebut adalah:
1. Food and beverage bagian depan (front service)
Yaitu bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri dari bar, restoran, banquet dan room service.
2. Food and beverage bagian belakang (back service)
Yaitu bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu karena harus melalui perantara pramusaji, terdiri dari kitchen, stewarding.
What a mean service?
S = Smile to everyone (berikan senyuman kepada semua orang)
E = Excellent in everything we do (kerjakan semuanya semaksimal mungkin dan memuaskan)
R = Reaching out to every guest with hospitality (jangkau dan dekati tamu dengan penuh ramah-tamah)
V = Viewing every guest as special (memandang dengan rasa yang sangat penuh perhatian)
I = Invitting guest to return (melakukan segala sesuatu terhadap tamu yang akan membuat tamu tersebut datang kembali)
C = Creating a warm atmosphere (selalu menciptakan suasana yang akrab/hangat terhadap tamu)
E = Eye contact that shows we care (mata sesekali harus kontak dengan pandangan tamu, sehingga tamu dapat memanggil kita bila memerlukan sesuatu)
3.2 SECTION YANG TERDAPAT DI DEPARTEMENT FOOD AND BEVERAGE
Section yang terdapat di departemen food & beverage ialah sebagai berikut :
- Room Service Section
Outlet food & beverage yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan makan dan minum untuk pelanggan yang tinggal di kamar hotel.
- Banquet Section
Outlet food & beverage yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan pesta, rapat, seminar dan sejenisnya dalam jumlah besar yang pelaksanaannya didasarkan pada kesepakatan antara pihak banquet dengan pelanggan sebelum hari pelaksanaan.
- Bar Section
Salah satu seksi dari Divisi Food & Beverage Service yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan minuman baik minumanalcoholic maupun non alcoholic bagi pelanggan seksi bar.
Untuk menunjang pelayanan optimal, Seksi Bar membagi fungsi dan peran menjadi beberapa sub seksi bar sbb :
- Public Bar/ Main Bar
Sebagai Bar utama yang bertanggung jawab terhadap penyediaan jasa pelayanan minuman baik alcoholic maupun non alcoholic bagi pelanggan di bar, lokasi bar utama biasanya berada di satu lantai dengan lobby hotel.
- Service Bar
Salah satu bar yang bertanggung jawab mensupport jasa pelayanan minuman bar untuk permintaan tamu kamar melalui room service ataupun untuk tamu di coffee shop.
- Lobby Lounge Bar
Outlet bar yang menyediakan jasa pelayanan minuman bar untuk tamu lobby hotel.
- Restaurant Lounge Bar
Outlet bar yang menyediakan jasa pelayanan minuman bar, di lounge formal restaurant hotel.
- Event Bar
Outlet bar yang menyediakan jasa pelayanan minuman bar atas dasar permintaan tamu dalam satu event tertentu di function room hotel maupun di luar hotel.
- Mini Bar
Outlet bar yang menyediakan jasa pelayanan minuman bar di kamar tamu hotel dengan cara swalayan.
- Sunken Bar.
Outlet bar yang yang berlokasi di tepi kolam renang, menyediakan jasa pelayanan minuman baik minuman alkoholic maupun non alkoholic bagi tamu yang berenang dan tamu dapat menikmati minuman di dalam air di tepi kolam renang.
- Formal Restaurant Section
Outlet food & beverage yang mengurus dan bertanggung jawab atas jasa pelayanan makan dan minuman dengan mengutamakan keanggunan tata cara penyusunannya seperti : Dinning Room, Supper Club, Executive Club, European Food Restaurant, Grill Restaurant dan lain-lain.
- Informal Restaurant Section
Outlet food & beverage yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan makan dan minum dengan mengutamakan kecepatan dalam penyajian ( Coffee Shop, Café, Canteen dan sebagainya ).
- Speciality Restaurant/Tradisional Restaurant.
Outlet food & beverage yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan makan dan minum khas tradisi daerah / negara tertentu Indonesia Food Restaurant, [Padang Restaurant, Sunda Restaurant], Japannese Restaurant, Italian Food Restaurant, Oriental Food Restaurant.
3.3 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DEPARTEMENT FOOD AND BEVERAGE
- Tugas bagian Food & Beverage sesuai dengan masing-masing jabatan adalah sebagai berikut :
Food and Beverage Service Manager : membidangi seluruh outlet yang ada pada bagian Food and Beverage seperti : Restaurant, Bar, Banquet. Secara garis besar tanggung jawab dan tugas-tugas seorang Food and Beverage Service Manager adalah :
- Mengkoordinasi kegiatan dan oprasional Food and Beverage Service
- Bertanggung jawab dan mengawasi semua kegiatan Food and Beverage Service
- Menangani masalah yang tidak bisa diatasi oleh bawahan
- Menyusun rencana kerja dan melatih bawahan
Supervisor
Tugas dan tanggung jawab seorang supervisor adalah :
- Bertanggung jawab atas kelancaran oprasional pada bagian masing-masing
- Mempertanggung jawabkan semua tugas kepada atasannya
- Mengontrol dan mengkoordinasikan secara langsung bawahannya di dalam bekerja
Waiter/Waitrees
Waiter/waitrees bertugas memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada tamu
Bar Waiter/Waitrees
- Bertanggung jawab membuat dan melayani minuman yang dipesan oleh tamu
F & B Secretary
- Membantu menyelesaikan tugas-tugas dari FB Manager
- Tanggung Jawab bagian food & beverage meliputi :
- Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang sesuai.
- Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu sehingga tamu merasa puas. Hal ini menyangkut mutu pelayanan mutu makanan dan minuman, sikap karyawan, dekorasi ruangan serta suasana sekitar, peralatan yang dipakai dan sanitasinya.
- Menjaga makanan dan minuman yang akan dijual kepada tamu tetap segar dan hygine, agar tamu puas dengan makanan dan minuman yang disediakan.
- Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan untuk kesinambungan usaha.
3.4 HUBUNGAN ANTARA DEPARTEMENT FOOD AND BEVERAGE DENGAN DEPARTEMENT LAIN
- KERJA SAMA FOOD AND BEVERAGE DENGAN FRONT OFFICE
Kerja sama ini sangat perlu terutama dalam pemberian keterangan tentang tamu-tamu yang tinggal di hotel, seperti : jumlah tamu, kamar-kamar yang terpakai, tamu yang masuk atau keluar. Disamping itu juga didalam memberikan pesanan khusus, seperti tamu-tamu penting (VIP Guest), pemberian sesuatu dari pihak hotel kepada tamu tertentu (Complement).
- KERJA SAMA FOOD AND BEVERAGE DENGAN HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Housekeeping lebih banyak menyangkut soal kebersihan dan pengadaan peralatan. Pada umumnya, Housekeeping bertanggung jawab dalam membersihkan lantai, pintu, jendela restaurant dan bar, termasuk juga dalam penyediaan pakaian dinas pegawai, linen (taplak meja, lap) dan bunga.
- KERJA SAMA FOOD AND BEVERAGE DENGAN ENGINEERING DEPARTEMENT
Demi kelancaran jalannya operasi, perbaikan atas perabot (furniture) restaurant dan bar adalah sangat perlu. Disamping itu pengadaan dan pengawasan atau peralatan listrik yang digunakan baik direstaurant, bar, dan dapurharus dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat beroprasi semestinya.
- KERJA SAMA FOOD AND BEVERAGE DENGAN SECURITY DEPARTEMENT
Bagian food & beverage dan bagian keamanan bekerja sama dalam bentuk koordinasi tindakan apabila terjadi hal – hal yg perlu dilakukan pemeriksaan , misalnya pemeriksaan keamanan seluruh area dan keselamatan tamu di area hotel . dalam kasus kehilangan barang di restauran , food & beverage akan meminta bantuan security untuk melakukan investigasi dan interogasi untuk mencari solusi.
- KERJA SAMA FOOD AND BEVERAGE DENGAN ACCOUNTING DEPARTEMENT
Kerja sama ini sangat erat sekali didalam menangani dan membuat laporan tentang hasil penjualan makanan dan minuman direstauran dan bar. Dalam hal pengawasan bahan-bahan makanan dan minuman yang diproduksi, memerlukan kerja sama yang teratur dan baik. Disamping itu, kerjasama dan saling pengertian ini juga diperlukan dalam pembayaran terhadap bahan-bahan makanan dan minuman kepada para penjual, dan juga dalam ketepatan pembayaran gaji pegawai.
3.5 PEMBAHASAN MASALAH
3.5.1 Pembahasan Masalah 1
- Bagaimana Cara Melayani Tamu dari Datang hingga Selesai?
- Gretting
- Menanyakan berapa jumlah orang yang akan duduk
- Memberi arahan untuk tempat duduk
- Menawarkan menu kepada tamu
- Mencatat pesanan tamu
- Mengulangi lagi apa pesanan tamu
- Memberikan pesanan tamu kepada kitchen
- Menghidangkan pesanan tamu
- Mengangkat peralatan makan tamu yang tidak terpakai lagi
- Menanyakan apakah ada yang ingin dipesan lagi
- Menyelesaikan pembayaran
- Mengantarkan tamu
3.5.2 Pembahasan Masalah 2
- Bagaimana cara menangani tamu komplain di restaurant?
Tetap tenang
- Memberikan kesempatan kepada tamu untuk menyampaikan keluhannya
- Memberikan perhatian penuh kepada tamu
- Hindari menggunakan suara yang keras atau kata – kata kasar
- Hindari memotong pembicaraan tamu
- Berikan solusi kepada tamu dan meminta maaf atas kejadian yg tidak
Menyenangkan
- Tunjukkan kepada tamu bahwa kita siap menindaklanjuti permintaannya
- Ucapkan terimakasih kepada tamu
BAB 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Setelah melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN) selama kurang lebih 6 (enam) bulan lamanya, maka penulis dapat mengetahui keberadaan THE DATAI HOTEL LANGKAWI MALAYSIA dan sekaligus dapat memahami tata cara kerja operasionalnya, terutama di Food and Beverage departement mengenai tata cara seorang waitres/waitress dan bartender.
Dari berbagai data penyusun kemukakan pada akhir ini penyusun dapan menarik kesimpulan ini semata mata berdasarkan data-data yang penulis dapatkan dengan tidak menambah kan atau mengurangi data yang sebenarnya, adapun kesimpulan kesimpulannya sebagai berikut :
- The Datai Hotel Langkawi adalah salah satu hotel yang berada di Langkawi – Malaysia The Datai Hotel Langkawi menyediakan fasilitas fasilitas seperti : kamar, restaurant, swimming pool, gym, pantai serta yang lainnya.
- The Datai Hotel Langkawi adalah salah satu akomodasi yang menyediakan kamar kamar penginapan, makanan dan minuman, serta jasa lainnya yang disediakan khusus bagi tamu yang datang ke The Datai Hotel , tamu yang mengadakan wedding, romantic dinner, meeting ataupun seminar.
- Dalam operasinya The Datai Hotel Langkawi dibantu oleh beberapa departement yang masing – masing departement mempunyai tugas dan tanggung jawab sesuai dengan bidang yang di kerjakannya .
- Saran saran untuk kampus.
– Pihak kampus hendaknya memberikan pengarahan yang baik dan lebih jelas serta terbuka kepada peserta pelaksanaan praktek kerja indutri ini.
– Pemberian pelajaran kapada mahasiswa/mahasiswi lebih ditingkat kan lagi agar lebih baik, dan juga agar mempunyai bekal agar lebih siap melakukan prakerin.
Demikian kesimpulan laporan praktek kerja industri semoga dapat berguna bagi para pembaca dan kami mohon maaf dalam kekeliruan dalam penulisan dan penempatan bahasa yang mungkin terjadi pada saat pelaksanaan dan menjelang praktek kerja industri ini akhir kata ucapkan Wasalamu alaikum warohmatullahi Wabarokatuh.
BAB 5
LAMPIRAN – LAMPIRAN
Captain Order; Restaurant Dining Room when I’am service
Set up breakfast in Room Dining;
Set up Complimentary in Room Service for room Datai Suite the Special one guest like returning or group
Assortments Mix Chocolate for Complimentary in Room Service only for the Special one.
set up wedding in Restaurant The Beach Club;
a’la Carte.
Memories from the datai langkawi for me that certfy that; just done 6 month on the job training
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Nama : Ahmad Fauzi Ichsan
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 09 Maret 1997
Alamat : Jalan Raya PLN Gandul No: 116 RT:24/RW:25,Cinere,Depok,
Jawa Barat.
No. Hp : 6283871050097
Alamat Email : fauziichsn@gmail.com
Agama : ISLAM
Pendidikan Formal :
1. TK AL-BARQAH Tamat tahun 2004 Berijasah
- SMP KELUARGA WIDURI Tamat tahun 2012 Berijasah
- SMKN 57 JAKARTA Tamat tahun 2015 Berijasah
Riwayat Pekerjaan :
1. Training di Hotel Grand Hyatt Jakarta sebagai Kitchen di
Grand Café Restaurant Selama 6 bulan
- Training di Hotel The Datai Langkawi, Malaysia. Sebagai
Waiters Selama 6 bulan